Berita Aceh Tenggara

Aneh Pohon Kelapa Tumbuh Anak Dari Akarnya

Minggu, 13 Maret 2017

Badar(WS-Agara) : Sepertinya aneh dan unik,sebatang pohon kelapa bisa tumbuh anaknya dari umbi atau akarnya,mungkin hal ini sangat jarang di temukan dan terbilang langka di dunia ini. (Insert foto)

Kalau kita kembalikan kepada takdir dan kekuasaan Allah, boleh jadi kita tak perlu heran atas kejadian tersebut,apa pun bisa terjadi tapi itulah yang terjadi di Dusun Lawe Menderung Desa Natam Baru Kecamatan Badar, anak pohon kelapa bisa tumbuh dari akar atau umbinya bak tanaman pisang.

Armentoni munthe(40) sang pemilik tanaman kelapa kepada WS Senin(13/3)di kediamannya menuturkan,bahwa tanaman kelapa itu sudah berusia hampir 20 tahun,dan waktu itu saya ingat persis waktu di tanam oleh Almarhum ayah saya pada awal tahun 1996 ungkap Armen. Setelah tanaman kelapa tersebut berumur sekitar 8 tahun, mulailah anak anaknya sekitar berjumlah 8 pokok mulai bertumbuhan di dekat umbinya persis seperti pisang,tapi oleh almarhum ayah (Jemidun) sering di bunuh atau di potong karena dianggap membuat semak saja kisah Armen. Akhirnya sepeninggal orang tua saya sejak 9 tahun yang lalu itu, anak kelapa tersebut sengaja saya pelihara walau hanya tinggal dua sebut Armen sembari menunjuk anak pohon kelapa tersebut.

Yang anehnya kata Armen melanjutkan kisahnya, mulai sejak berbuah pohon kelapa ini sampai sekarang buahnya tidak pernah jadi, dan selalu kering saat masih kecil seukuran telor bebek.Buahnya mengering lalu jatuh berguguran kata Armen lagi. Seingat saya hanya satu buahnya yang jadi sampai tua,dua minggu yang lalu saya panen,itupun ukurannya kecil dan tidak normal seperti biasanya buah kelapa jelas Armen.

Karena tidak pernah jadi buahnya,oleh saudara sekitar, disarankan di kasih pupuk buah supaya jadi buahnya, toh tidak berhasil juga,malah dibakar batangnya,di tancapkan paku,pura pura ditebang dan di kampak batangnya,macam macam sudah dilakukan toh sampai sekarang tidak pernah jadi buahnya,sementara anaknya tadi terus semakin besar pertumbuhannya tandas Armen.

Akhirnya pohon kelapa beserta anaknya tadi di biarkan tumbuh begitu saja sampai sekarang dengan harapan suatu saat akan lebat buahnya, mudah mudahan Pungkas Armen sembari memegang batang kelapa yang hanya berjarak 7 meter dari belakang rumahnya(WS-02).


Lainnya