Berita Aceh Tenggara

RSUD Sahuddin Kutacane Minim Stok Darah

Jumat, 17 Maret 2017

Badar (WEB-Agara) : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sahudin Kutacane, Aceh Tenggara (Agara) mulai minim stok darah, dari kebutuhan mencapai 200 kantong darah per bulan.

Padahal, pasien cuci darah atau hemodialisa terus meningkat, bukan hanya warga Agara, tetapi juga warga Galus serta dari perbatasan Sumut, Kabupaten Tanah Karo. Direktur RSU Sahudin Kutacane, dr Hj Irawati Desky kepada WEB-Agara, belum lama ini mengatakan stok darah yang ada saat ini hanya 10 kantong, sehingga hanya digunakan untuk pasien emergency atau darurat.

Dia menjelaskan keluarga pasien harus ikut mencari pendonor darah, termasuk yang harus cuci darah dengan rutin. Staf rumah sakit ini juga kerap mendonor darah bagi pasien, karena tidak ada keluarga pasien yang sesuai golongan darahnya,” ujar Irawati.

Ditambahkannya stok darah yang terbatas membuat keluarga pasien sering kebingungan, karena rumah sakit tidak memiliki stok darah dalam jumlah banyak.

Dia berharap, Palang Merah Indonesia (PMI) Agara rutin melakukan kegiatan donor darah dan tidak harus menunggu ada acara khusus baru dilakukan. “Setetes darah sangat berarti bagi pasien yang membutuhkannya, bahkan dapat menolong jiwa orang lain,” ujar Direktur. (WA-03)

Teks Foto : 1. Foto insert RSU Sahuddin Kutacane, dr Irawaty Deski, ketika dijepret Riki Hamdani


Lainnya