Berita Aceh Tenggara

2 Tewas, Ratusan Rumah Hilang & Rusak Diterjang Banjir Bandang

Selasa, 11 April 2017

Kutacane, (WEB-Agara) : Akibat banjir bandang yang terjadi Selasa (11/4). sekitar pukul 17 dan 20:00 wib malam yang melanda 9 desa di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara menyebabkan 2 korban meninggal dunia dan puluhan rumah hilang, ratusan rumah rusak parah dan ringan.

Kedua korban tersebut adalah Boru panjaitan (68) dan Terang Sitanggang (1,7) ditemukan meninggal dunia di timbun material lumpur bebatuan dan kayu gelondongan yang di akibatkan banjir bandang karena curah hujan yang terjadi belakangan ini di daerah pegunungan leuser di kedua kecamatan tersebut,menyebabkan terjadinya banjir bandang.

Sekretaris Dinas Sosial Aceh Tenggara, Zainal Baharudin saat di hubungi wartawan WEB-Agara, via telephon selulernya, mengatakan, “hingga saat ini pihaknya sudah mendirikan tenda pengungsi di beberapa titik lokasi di kedua kecamatan itu, termasuk juga menyalurkan bantuan masa panik, juga pihanya terus melakukan pendataan untuk mengetahui berapa rumah warga yang rusak parah dan ringan ungkap Zainal Baharudin. Berdasarkan informasi yang di peroleh di lapangan 9 desa yang terkena musibah banjir bandang tersebut adalah Desa Suka Makmur dan Lawe beringin jaya kecamatan Semadam dan desa Lawe Kesumpat,Lawe Tua Makmur,Lawe Tua Persatuan,Lawe Tua Gabungan,Kayu Mbelin,Lawe Sigala Barat Jaya dan Kute Tengah kecamatan Lawe Sigala gala. Menurut pantauan langsung WEB-Agara, di lokasi kejadian,akibat bencana banjir bandang tersebut,menyebabkan hubungan transportasi di jalan nasional tersebut putus total,namun sorenya sudah bisa di lintasi setelah alat berat di kerahkan untuk memindahkan tumpukan lumpur,bebatuan dan kayu gelondongan dari badan jalan. Akibat kejadian banjir bandang tersebut, selain merusak badan jalan juga merusak instalasi listrik dan beberapa rumah ibadah di dua kecamatan itu,termasuk ratusan rumah warga di sembilan desa yang terkena musibah banjir bandang itu.(WA-02). Teks Foto : 1. Tumpukan lumpur,bebatuan dan gelondongan kayu ini adalah tempat pemukiman warga Suka Makmur Kecamatan Semadam ,namun akibat di terjang banjir bandang maka seperti inilah keadannya, foto dok by Armen Toni.








Lainnya